Pengaruh Besar Bela Diri Ini Bagi Dunia

Tak hanya bagi Negara saja, ternyata bela diri ini menjadi pengaruh besar juga bagi dunia. Dimana, tidak sedikitnya, orang-orang sudah tahu akan keberadaan dari bela diri ini. baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di luar Negara ini pun banyak sudah yang mengetahui setidaknya 3 hingga 5 jenis bela diri yang ada di dunia ini.

Kesenian bela diri atau seni bela diri itu sendiri merupakan salah satu kesenian yang memanglah muncul sebagai salah satu cara berkembang seseorang untuk bisa mempertahankan dirinya saat sedang dikepung masalah yang berbahaya. Nah, perkembangan seni bela diri ini juga berawal dari adanya medan perang yang sedang berlangsung. Yang kemudianlah, berkembang lagi secara perlahan-lahan dengan seiringnya dengan ada berkurangnya penggunaan senjata. Namun yang menjadi ironis lagi ialah, seni pertahanan diri ini sendiri tidak langsung di pelopori oleh tentara yang ada justru orang awam terlebih dahululah yang mengenal seni pertahanan diri ini. yang menjadi sebuah kesenian diri yang bersifat tradisional dan juga merakyat.

Bisa dikatakan juga, seni bela diri ini bisa kalian temui di berbagai tempat yang ada. Di belahan dunia manapun dan juga di belahan bumi pertiwi yang ada. Pastinya, kalian akan menemukan seni bela diri ini yang sangatlah beragam jenisnya. Dan dari beragam jenis bela diri ini sendiri, akan memiliki ciri-ciri khasnya yang masing-masing berbeda dari 1 dengan yang lainnya.

Bela Diri Muay Thai

Pasti kalian sudah sangat kenal dengan bela diri ini. namun, belum mengetahui bagaimana dari bela diri yang satu ini. Muay Thai sendiri atau biasa orang-orang mengenalnya dengan Thai Boxing yang dimana ini menjadi bela diri asli yang berasal langsung dari Negara Thailand. Untuk bela dirinya sendiri selalu mengandalkan adanya pertempuran dengan tangan kosong dan juga fisik yang sangatlah kuat. Ya mirip-mirip dengan Kick Boxing. Hanya saja, disini terdapat perbedaan teknik yang di gunakan akan leih beragam lagi.

Mengenai peciptanya, sampai saat ini belum jelas siapa yang memulai bela diri yang satu ini. untuk awal mulanya , beladiri ini sendiri berdiri sekitaran abad ke 19. Dan untuk bela dirinya sendiri menggunakan semua anggota badan dan yang paling sangat mendominasi yakni pada bagian Otot Siku dan juga Tulang kering yang ada. Banyak sudah yang mengatakan seni bela diri ini sangat menakutkan dan juga mematikan.

Bela Diri Wing Chun

Dengar kata Wing Chun saat ini akan kalian ingat film dari IP MAN. Dimana, bela diri Wing Chun menjadi salah satu penerapan Kungfu yang berasal langsung dari Cina. Untuk sejarahnya sendiri, lebih banyak di ceritakan secara turun temurun dari guru ke muridnya dan tidak memilik catatan resmi siapa pencipta bela diri ini. untuk versi IP MAN sendiri, diciptakan langsung oleh Ng Mui di masa Kaisar Kangxi 1661 – 1722. Wing Chun sendiri adalah seni bela diri yang unik dengan spesialis Sbobet88 jarak dekat. Menggunakannya pukulan cepat dan juga di barengi dengan tendangan pertahanan yang sangatlah ketat. Lalu di barengi juga dengan ketangkasan gerak kaki untuk bisa mempercepat gerak majunya.

Wing Chun sendiri memiliki gaya tersendiri. Yang terdiri langsung dari Tendangan, Menangkis, Serangan yang Beruntun, Tinju, Menjebak serta adanya Mengontrol dengan tekniksebagian dari bagian pertarungan itu sendiri. Untuk tokoh yang telah mempopulerkan bela diri ini dan yang sangatlah terkenal ialah IP MAN dan juga Brucee Lee. Kalau di Indonesia sendiri yang memperkenalkan ialah Deddy Corbuzier.

Bela Diri Taekwondo

Sebaian sekolah di Indonesia, sudah banak yang menerapkan seni bela diri ini. dimana, asal dari bela dirinya itu sendiri dari Korea. Ini menjadi seni bela diri yang memang paling sering untuk dimainkan di acara olahraga besar missal saja Olimpiade. Untuk Taekwondo itu sendiri berasal langsung dari kata a, Taea.. yang artinya tendangan. Dan a, Kwona yang berarti tinjuan. Serta a, Doa artinya jalan atau juga seni. Bela diri ini terpusatkan hampir 70% di kaki dan sisanya di tangan. Di dalam pertandingan ciri khas yang paling sering untuk di gunakanyakni adanya tendangan berputar 45 derajat, tendangan samping dan juga tendangan mencangkul.

Untuk bela diri ini sendiri sudah semakin popular sejak di promosikan secara besar-besaran oleh Nim Daxon Joetandi “ Dan VII Kukkiwon “. Yakni seorang banker professional yang terkenal sudah sebagai pemegang sabuk hitam termuda yang ada di Indonesia sejak umur 7 tahun.

Bela Diri Pencak Silat

Aal Indonesia asli, pencak silat menjadi bela diri yang sudah sangat terpopuler hingga ke Mancanegara. Untuk Istilah silat sendiri juga di kenal sudah secara luas di Asia Tenggara, akan tetapi di Indonesia sendiri lebih di kenal sebagai Pencak Silat. 1948 menjadi salah satu Tahun Istilah pencak silat yang beredar di masyarakat untuk bisa mempersatukan adanya berbagai aliran seni bela diri Tradisional yang berkembang baik di Indonesia. Namanya sendir dari Pencak yang banyak di gunakan oleh orang Jawa dan untuk ilata di gunakan langsung di Sumatera, Semenanjung Malaya, serta Kalimantan. Dan untuk perkembangannya kini istilah dari Pencak Silat le bih untuk mengedepankan adanya unsur seni bela diri di dalam sebuah pertarungan.

Tak hanya Taekwondo saja, Pencak silat juga sudah banyak di Ikuti dalam ajang-ajang besar. Dari Kejurda yakni Kejuaraan Daerah, O2SN yakni Olimpiade Siswa Nasional, PON yakni Pekan Olahraga Nasional, dan juga masuk kedalam Sea Games yang melawan Negara Lain demi mengharumkan nama bangsa sendiri.

Dari sini, kita juga bisa ada banyak sekali aliran-aliran Pencak Silat yang ada di Indonesia ini. yakni aliran : Tapak Suci ( TS ), Chanda Birawa ( CB ), ada juga Merpati Putih ( MP ), Bakti Negara, Perisai Diri, Setia Hati dan masih banyak lagi jenis aliran yang lainnya. Ini menjadi sebagian aliran yang sudah banyak diketahui oleh orang-orang di Indonesia.

Seperti yang sudah mimin beritahu tadi, bahwasanya bela diri ini juga sudah berkembang baik di Luar Negeri seperti Belanda, Belgia, Amerika dan beberapa Negara Lainnya yakni Malaysia juga menjadi salah satunya.

Bela Diri Krav Maga

Bela dirinya sendiri berasal dari Israel yang berarti pertempuran dalam jarak dekat. Walau tidak adanya peraturan baku mengenai jenis bela diri ini sendiri, pada dasarnya bela diri ini juga sudah menekankan langsung pada keselamatan diri dari penggunanya dan juga berusaha untuk bisa melumpuhkan lawannya dengan penggunaan cara apapun itu.

Prinsip umum dari bela diri ini ialah ;

  • Menetralkan adanya sebuah penyerangan dengan cepat.
  • Melakukan sebuah transisi dari suatu teknik dalam menyerang secepat mungkin.
  • Meng-Eksploitasikan semua reflek yang alami dalam tubuh.
  • Meng-eksploitasikan semua bagian tubuh yang ada untuk mudah di serang seperti pada bagian Mata, Tenggorokan, Selangkangan menjadi sasaran empuk.
  • Menggunakan semua benda sebagai alat bantu.
, ,