Mari mengenal sejarah seni bela diri di Indonesia!

Pasti semua orang masyarakat Indonesia sudah tahu mengenai seni bela diri yang ada di Indonesia bukan? Namun tahukah kamu pengertian mengenai seni bela diri? Seni pencak silat atau yang kerap kali disebut dengan silat, ialah sebuah seni bela diri yang tradisional dan khas akan Nusantara atau Indonesia. Seni bela diri yang satu ini merupakan seni tradisional yang berasal dari Indonesia, namun pencak silat ini pun telah diketahui oleh kebanyakan orang di seluruh wilayah yang ada di Asia Tenggara. Bahkan, pencak silat yang satu ini pun kerap diajangkan atau diperlombakan oleh berbagai macam acara yang ada di Indonesia.

Namun, terkadang pencak silat ini pun diperlombakan oleh ajang perlombaan Asia Tenggara, yakni Asean, yang disebut dengan Sea Games. Telah diketahui, bahwa setiap empat tahun di Negara Indonesia memang mengadakan sebuah perlombaan tingkat Nasional yang dimana pencak silat yang satu ini akan diperlombakan untuk mencari pemenang dan mendapatkan penghargaan-penghargaan yang bergengsi. Bahkan, pencak silat atau seni bela diri khas Indonesia ini pun semakin digemari oleh berbagai macam negara yang menyukainya, yakni Negara Australia, Negara Belanda, Negara Jerman, Negara Amerika.

Selain itu, rupanya dalam sebuah tingkat Nasional, olahraga pencak silat atau seni bela diri pencak silat yang satu ini telah menjadi sebuah alat untuk pemersatu bangsa lain dengan bangsa Nusantara, bahkan seni bela diri khas Indonesia ini pun telah menjadi suatu olahraga yang telah mengharumkan nama Indonesia dan telah menjadikannya sebagai identitas Negara yang sangat membanggakan. Namun, yang lebih menariknya lagi, seni bela diri khas Indonesia yang satu ini pun merupakan olahraga pencak silat yang sudah memasuki kategori skala Nasional yang wajib dan patut di apresiasi kan.

Namun, rupanya di Indonesia terdapat banyak sekali jenis mengenai seni bela diri yang satu ini, dengan banyaknya jenis beserta alirannya masing-masing, rupanya hal tersebut pun telah menunjukan bahwa masyarakat yang berada di wilayah Indonesia memiliki keberagaman yang terkait dan tentunya berbagai macam budaya serta dengan nilai-nilai yang dianut oleh budayanya masing-masing. Penasaran mengenai seni bela diri khas Indonesia yang satu ini? ingin tahu lebih lanjut? Yuk, mari kita bahas dan simak artikel yang satu ini!

 

Sejarah yang wajib diketahui mengenai pencak silat!

Telah diketahui, bahwa seni bela diri pencak silat adalah sebuah seni khas Indonesia yang wajib untuk dibanggakan. Nenek moyang yang berasal dari Indonesia ini rupanya telah memiliki sebuah cara untuk membela dirinya masing-masing dan bertujuan untuk melindungi dirinya dari berbagai macam bahaya yang akan ditemuinya kapan pun dan dimanapun serta bertujuan untuk mempertahankan berbagai macam kehidupannya atau kelompok nya dari banyaknya tantangan alam ataupun bahaya alam yang akan dihadapinya. Mereka telah menciptakan ilmu bela diri tersebut rupanya telah menggunakan banyak sekali gerakan-gerakan binatang yang ada disekitarnya dan dengan menirunya.

Asal mula mengenai ilmu bela diri ataupun asal mula mengenai pencak silat yang satu ini pun kemungkinan akan berkembang dan telah melakukan banyak sekali keterampilan yang tersimpan dari suku-suku asli yang berasal di Indonesia layaknya melakukan perburuan ataupun melakukan peperangan yang menggunakan alat-alat, seperti parang, perisai, tombak, dan masih banyak lagi. Pencak silat yang satu ini pun rupanya telah diperkirakan telah menyebar ke seluruh wilayah kepulauan yang ada di Indonesia atau Nusantara semenjak abad ke-7 masehi tersebut, namun mengenai asal mula terciptanya sebuah seni bela diri khas Indonesia atau pencak silat yang satu ini pun telah belum dapat ditentukan oleh banyaknya seniwan-seniwan ternama yang ada di Indonesia.

Banyaknya kerajaan-kerajaan besar yang berasal dari Indonesia, seperti kerajaan Sriwijaya dengan kerajaan Majapahit ini rupanya disebutkan terhadap pendekar-pendekar yang sangat ahli dan memiliki banyak sekali ilmu akan seni bela diri ini dalam pembelaan diri yang bisa diandalkannya. Namun, rupanya seni bela diri pencak silat ini pun telah diketahui oleh kebanyakan orang di rumpun Melayu dan telah menamakannya dengan berbagai jenis yang diketahui. Rupanya, tradisi silat ini pun telah diturunkan secara lisan dan telah menyebar dari mulut ke mulut mengenai hal tersebut, dan sebab itulah yang menyebabkan seni pencak silat Indonesia semakin dikenal oleh berbagai macam negara yang menjunjung tinggi kebudayaan pencak silat.

Seni pencak silat dimata dunia

Telah diketahui, bahwa seni pencak silat yang berasal dari Indonesia dan telah menjadi sebuah ideologi bangsa ini pun rupanya telah berkembang secara pesat selama abad ke-20 dan telah menjadikannya sebuah olahraga kompetisi dan sering mengadakan sebuah kekuasaan serta peraturan dalam seni pencak silat, yakni “Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa, atau dikenal dengan The International Pencak Silat Federation” dan selain itu, rupanya pencak silat yang stau ini pun sedang menjalankan masa promosinya oleh banyaknya ahli-ahli yang sangat jago akan dunia pencak silat atau dunia seni bela diri khas Indonesia di beberapa negara yang ada dalam 5 benua dan telah ditujukannya.

Hal tersebut rupanya telah ditujukan oleh beberapa ahli yang sangat jago dengan seni bela diri pencak silat ini dan membuat seni pencak silat menjadi olahraga yang memiliki Olimpiade yang bergengsi. Dunia persilatan telah mempromosikan bahwa seni bela diri Indonesia atau seni pencak silat yang satu ini telah diakui oleh banyaknya kompetisi yang dilakukan dalam ajang olahraga Internasional. Bahkan, kini rupanya sudah banyak sekali federasi-federasi akan seni pencak silat Nasional Eropa dengan bersama dunia persilatan dan telah berhasil mendirikan sebuah federasi untuk pencak silat Eropa. Telah diketahui, bahwa pada tahun 1986 lalu, kejuaraan akan dunia pencak silat dunia yang membanggakan ini dan dilakukan diluar Asia, dan telah mengambil sebuah tempat yang berada di Wina, Austria. Sangat membanggakan bukan? Oleh karena itu, olahraga pencak silat hendaknya selalu dihargai dan dikembangkan.

Padepokan Nasional pencak silat yang ada di Indonesia

Kemudian, ulasan selanjutnya yang akan kita bahas mengenai seni bela diri atau pencak silat khas Indonesia ini, ialah padepokan. Padepokan sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh bahasa Jawa dan memiliki artian sebagai sebuah kompleks serta menyerupai dengan perumahan yang tentunya memiliki area yang sangat luas dan telah disediakan untuk mempelajari ataupun untuk mengajar mengenai pengetahuan serta banyaknya keterampilan-keterampilan tertentu yang wajib dibanggakan. Padepokan yang digunakan untuk seni bela diri Indonesia ataupun pencak silat yang ada di Indonesia, dan biasanya memiliki sebuah singkatannya (PnPSI).

Adalah sebuah padepokan yang digunakan dan telah mencakupi sebuah skala Nasional serta skalanya yang Internasional dan memiliki luas akan lokasinya diatas sebuah lahan yang berukuran dengan 5,2 hektar yang berada di Kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Luas akan total padepokan yang digunakan untuk seni bela diri Indonesia ini telah mencapai sekitar 8.700 m2 dan telah mencakupi luas wilayah akan selasar-selasarnya sebesar 5.000 m2. Kemudian, padepokan seni bela diri yang satu ini pun rupanya telah dibuka secara resmi oleh Nasional yang langsung diselerenggakan oleh Presiden Soeharto, tepatnya pada 20 April 1997.

 

Nah, itu dia ulasan-ulasan mengenai seni bela diri khas Indonesia yang membanggakan dan harus selalu untuk dikembangkan mengenai hal tersebut. karena, seni bela diri pencak silat adalah kebudayaan Indonesia yang telah ada sejak zaman turun menurun. Semoga artikel ini bermanfaat!

, ,